Selamat datang di Laman Desa Dadapmulyo Kecamtan Sarang Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah Mohon maaf atas ketidaknyamananya dalam mengakses informasi Desa Dadapmulyo karena laman ini masih dalam proses penyempurnaan  

Sosialisasi dan Pembentukan Pengurus Pencegahan Stunting Tingjkat Desa

Sapwan Khan | 26 November 2020 14:01:03 | Berita Lokal | 113 Kali

Dadapmulyo,Stunting adalah masalah gizi kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya. Anak yang menderita stunting akan lebih rentan terhadap penyakit dan ketika dewasa berisiko untuk mengidap penyakit degeneratif. Dampak stunting tidak hanya pada segi kesehatan tetapi juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Karena anak adalah aset bangsa di masa depan.Jika saat ini banyak anak  yang menderita stunting, bisa dibayangkan bagaimana kondisi sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang. Dapat dipastikan bangsa ini tidak akan mampu bersaing dengan bangsa lain dalam menghadapi tantangan global. 


Untuk mencegah hal tersebut, Pemerintah Desa Dadapmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang pada hari Selasa 25 Nopember 2020 bertempaat di Balaidesa Dadapmulyo menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Pengurus Pencegahan Stunting tingkat desa.Musyawarah yang dimulai pukul 10.00 wib itu dihadiri oleh Kader-kader PKK,KPMD,KPM dan Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat dengan menghadirkan narasumber dari UPT PUSKESMAS II Kecamatan Sarang dan MUSPIKA Kecamatan Sarang.Dalam paparanya  nara sumber menyampaikan bahwa program intervensi pencegahan stunting harus terintegrasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.


Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Tahun 2018 dijjelaskan bahwa angka prevalensi balita stunting TB untuk Kabupaten Rembang berdasarkan data Riskesda tahun 2018 berada di persentase 26 persen sementara prevelensi angka balita stunting Jawa Tengah masih dikisaran angka 31,22 persen sedangkan data di tingkat Nasional 30,8 persen.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Rembang berkomitmen untuk menurunkan prevelensi angka balita stunting  termasuk angka kematian ibu hamil dan bayi.

Dengan adanya kegiatan  ini diharapkan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Rembang dari 26 persen menjadi 20 persen sehingga dapat tercapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2025 yaitu penurunan angka stunting hingga 40%.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Alamat Balaidesa Dadapmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang
Desa : Dadapmulyo
Kecamatan : Sarang
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon : 085225836479
Email : Desadadapmulyo@gmail.com

Sinergi Program

JDIH Kab.Rembang BPS Kab.Rembang BAPEDA
Prodeskel Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa SIDesa
Dindukcapil Open Desa Open Desa

Agenda

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung