Selamat datang di Laman Desa Dadapmulyo Kecamtan Sarang Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah Mohon maaf atas ketidaknyamananya dalam mengakses informasi Desa Dadapmulyo karena laman ini masih dalam proses penyempurnaan  

Tugas Pokok dan Fungsi

Sapwan Khan | 19 September 2020 17:49:33 | 3.365 Kali

KEDDUDUKAN,TUGAS DAN FUNGSI KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA

 SESUAI DENGAN PERATURAN BUPATI REMBANG NOMOR 12 TAHUN 2017 TENTANG SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA PEMERINTAH DESA 

 

Kedudukan Kepala Desa 

Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Tugas Kepala Desa

Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kepala Desa mempunyai fungsi meliputi :

Menyelenggarakan pemerintahan desa, seperti :

  • Tata praja pemerintahan
  • Penetapan peraturan di desa
  • Pembinaan masalah pertanahan
  • Pembinaan ketentraman dan ketertiban
  • Upaya perlindungan masyarakat
  • Administrasi kependudukan
  • Penataan dan pengelolaan wilayah.

Melaksanakan pembangunan

  • Pembangunan sarana prasarana perdesaan
  • Pembangunan bidang pendidikan
  • Pembangunan bidang kesehatan.

Pembinaan kemasyarakatan

  • Pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat.
  • Partsipasi masyarakat.
  • Sosial budaya masyarakat.

Perberdayaan masyarakat

  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang ekonomi.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang politik.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang lingkungan hidup.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang pemberdayaan keluarga.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang pemuda.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang olahraga.
  • Tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang karangtaruna.

Kedudukan Sekretaris Desa

Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan sekretariat Desa.

Tugas Sekretaris Desa 

Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam pelayanan administrasi Pemerintahan Desa dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Perangkat Desa lainnya.

  • menyusun produk hukum desa
  • mengundangkan produk hukum desa
  • menyusun LPPD,IPPD dan LKPJ Kepala Desa
  • melakukan koordinasi pelaksanaan tugas perangkat desa lainnya
  • memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan
  • memberikan pelayanan administras
  • melakukan penatausahaan keuangan desa
  • menyusun RPJMDesa dan RKPDesa
  • mengelola administrasi kepegawaian
  • mengumumkan informasi pemerintahan desa kepada masyarakat
  • memfasilitasi pelaksanaan rapat dan musyawarah Desa.
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

Sekretaris Desamempunyai fungsi meliputi  :

melaksanakan urusan ketatausahaan seperti:

  • tata naskah
  • administrasi surat menyurat
  • arsip dan;
  • ekspedisi

melaksanakan urusan umum seperti :

  • penataan administrasi perangkat desa
  • penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor
  • penyiapan rapat
  • pengadministrasian aset.
  • pengadministrasian inventarisasi.
  • pengadministrasian perjalanan dinas
  • pengadministrasian pelayanan umum

melaksanakan urusan keuangan seperti :

  • pengurusan administrasi keuangan
  • administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran
  • verifikasi administrasi keuangan
  • administrasi pengahasilan kepala desa, perangkat desa, bpd dan lembaga pemerintahan desa lainnya.

melaksanakan urusan perencanaan seperti :

  • menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa
  • menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan.
  • melakukan monitoring dan evaluasi program
  • penyusunan laporan.

 

Kepala Urusan Perencanaan

Tugas Kepala Urusan Perencanaan

Kepala Urusan Perencanaan bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan,seperti:

  • menyiapkan berkas-berkas dalam pelayanan kepada masyarakat
  • memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat
  • mencatat hasil pelayanan administrasi
  • melaporkan hasil pelayanan administrasi
  • mengelola arsip pelayanan
  • menyiapkan bahan penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa
  • menyiapkan bahan penyusunan LPPD,IPPD dan LKPJ Kepala Desa
  • menyiapkan bahan perencanaan pembangunan Desa
  • mengelola arsip perencanaan pembangunan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Kepala Urusan Perencanaan mempunyai fungsi meliputi: 

  • menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa.
  • menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan.
  • melakukan monitoring dan evaluasi program.
  • penyusunan laporan.

 

Kepala Urusan Keuangan

Tugas Kepala Urusan Keuangan 

Kepala Urusan Keuangan bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan keuangan,seperti:

  • menyiapkan bahan penyusunan RAPBDesa
  • mencatat dan menginventarisasi sumber pendapatan Desa
  • menerima hasil pendapatan asli Desa
  • menatausahakan keuangan Desa
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan

 

Kepala Urusan Keuangan mempunyai fungsi meliputi :

  • pengurusan administrasi keuangan
  • administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran
  • verifikasi administrasi keuangan
  • administrasi penghasilan kepala desa, perangkat desa, BPD dan lembaga pemerintahan desa lainnya.

 

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

Tugas Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan Tata Usaha dan Umum,seperti:

  • mencatat dan menginventarisir aset desa;
  • memelihara aset Desa;
  • mengelola administrasi kepegawaian;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rapat dan musyawarah Desa;
  • melakukan administrasi surat masuk dan surat keluar;
  • melakukan penataan arsip Desa;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan

 

Kepala Urusan Keuangan mempunyai fungsi Melaksanakan urusan ketatausahaan meliputi : 

  • Tata naskah
  • Administrasi surat menyurat
  • Arsip
  • Ekspedisi
  • Penataan administrasi perangkat desa
  • Penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor
  • Penyiapan rapat
  • Pengadministrasian aset.
  • Pengadministrasian inventarisasi.
  • Pengadministrasian perjalanan dinas
  • Pengadministrasian pelayanan umum

 

Kepala Seksi Pemerintahan

Tugas Kepala Seksi Pemerintahan

Kepala Seksi Pemerintahan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional bidang Pemerintahan,seperti:

  • mencatat dan menginventarisir dokumen kependudukan;
  • mencatat dan menginventarisir data kependudukan dan perubahannya;
  • mencatat dan menginventarisasi luas, peruntukan dan pemanfaatan tanah di Desa serta perubahannya;
  • mencatat dan menginventarisasi pelaksanaan kerja sama Desa;
  • mencatat dan menginventarisasi hasil Pemilu, Pilkada dan Pilkades;
  • mencatat dan menginventarisir kepengurusan organisasi sosial politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Desa;
  • mencatat dan menginventarisasi tingkat gangguan ketentraman dan ketertiban;
  • melaksanakan pembinaan Siskampling;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Kepala Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi meliputi :

  • melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan;
  • menyusun rancangan regulasi desa;
  • pembinaan masalah pertanahan;
  • pembinaan ketentraman dan ketertiban;
  • pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat;
  • kependudukan;
  • penataan dan pengelolaan wilayah;
  • pendataan dan pengelolaan Profil Desa

 

Kepala Seksi Kesejahteraan

Tugas Kepala Seksi Kesejahteraan

Kepala Seksi Kesejahteraan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional bidang Kesejahteraan,seperti:

  • melaksanakan identifikasi permasalahan pembangunan Desa;
  • melaksanakan pencatatan hasil-hasil pembangunan Desa;
  • melaksanakan penyiapan bahan untuk perencanaan pembangunan Desa;
  • melaksanakan pengendalian pelaksanaan pembangunan Desa;
  • melaksanakan identifikasi potensi ekonomi Desa;
  • melaksanakan inventarisasi Usaha Mikro;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpina

 

Kepala Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi meliputi : 

  • melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan,
  • pembangunan bidang pendidikan, kesehatan,
  • melaksanakan kegiatan di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.

 

Kepala Seksi Pelayanan

Tugas Kepala Seksi Pelayana

Kepala Seksi Pelayanan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional bidang Pelayanan,seperti:

  • mencatat dan menginventarisasi permasalahan pendidikan masyarakat di desa;
  • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pendidikan;
  • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kesehatan masyarakat di desa;
  • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kesehatan;
  • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kemiskinan masyarakat di desa;
  • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pengentasan kemiskinan;
  • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata di desa;
  • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata;
  • melaksanakan kegiatan keagamaan;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

.  

Kepala Seksi Pelayanan mempunyai fungsi meliputi : 

  • melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
  • meningkatkan upaya partisipasi masyarakat;
  • pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

 

 

Kepala Dusun

Tugas Kepala Dusun 

Kepala Dusun bertugas membantu tugas kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa di wilayah kerjanya.

Kepala Dusun mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah.
  • Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
  • Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan
  • kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
  • Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Alamat Balaidesa Dadapmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang
Desa : Dadapmulyo
Kecamatan : Sarang
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon : 085225836479
Email : Desadadapmulyo@gmail.com

Sinergi Program

JDIH Kab.Rembang BPS Kab.Rembang BAPEDA
Prodeskel Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa SIDesa
Dindukcapil Open Desa Open Desa

Agenda

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung